Selasa, 27 Desember 2011

"SASI SAWIT" di SMP N 2 JAMBU

Sejalan dengan program pemerintah, baik pusat maupun daerah, Kamis 15 Desember 2011 yang lalu sekolah tempat saya mengajar, SMP Negeri 2 Jambu mengadakan kegiatan pencanangan penanaman pohon yang diselenggarakan secara serentak. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh begitu besarnya potensi yang dimiliki oleh sekolah, diantaranya lahan kebun yang cukup luas. Menyadari bahwa potensi sekolah sangatlah besar, maka Bapak Kepala Sekolah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang dapat memaksimalkan segala potensi tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik dan mengajari siswa-siswa didik agar lebih menyayangi dan mencintai lingkungan, dimulai dari lingkungan sekolah.
Sesuai rencana, satu siswa nantinya akan menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Siswa tersebut juga bertanggung jawab untuk merawat pohon tersebut selama ia masih bersekolah di sekolah ini. Dengan begitu siswa juga dididik untuk bertanggung jawab. Bibit yang ditanam diperoleh dari bantuan beberapa pihak, diantaranya orang tua/wali siswa, guru, dan pihak perkebunan. Sesuai dengan nama kecamatan tempat sekolah kami berada, bibit tanaman yang ditanam adalah tanaman Jambu Merah. Namun ada juga beberapa jenis tanaman yang lain seperti Duren, Kelapa, dan Jambu Air.
Kegiatan yang dinamai dengan Gerakan Sasi Sawit (Sak Siswa Sak Wit) itu diawali dengan acara seremonial yang dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak oleh seluruh siswa dan para tamu undangan, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Muspika, Komite Sekolah, dan tamu-tamu undangan lainnya.
Berikut ini beberapa foto dokumentasi kegiatan tersebut.
1. Persenjataan perang


2. Salah satu tarian penyambutan para tamu undangan. Tari ini diperagakan oleh siswa-siswa dari SMP Negeri 2 Jambu.


3. Salah satu penampilan siswa mengisi pra acara.


4. Bersama Bapak Kepala Sekolah (kaos biru) dan Ketua Komite (baju batik), dan Tamu dari Dewan Pendidikan menanam pohon jambu air.

5. Nah…ibu-ibu yang necis saja tak canggung mengayunkan cangkul.


6. Siap Pak Polisi!!! Tanam yang dalam ya Pak…



7. Para siswa sibuk menanam bibit.


8. Semoga sehat dan lebat pohonku.


9. Hijau Bumiku.

10. Damai jiwaku.


11. Nha,,,pose dulu ya…


3 komentar:

  1. saya yg prnh bersekolh di smp 2 jambu,sangat bangga dg keadaan di smp sekarang ini...

    BalasHapus
  2. Semua melalui proses, dan anda adalah bagian dari proses itu. Peran serta alumni selalu kami nantikan dalam proses-proses selanjutnya

    BalasHapus
  3. Angkatan 2006.. Mana suara kalian..
    Kapan bisa reunion an..?
    Di tunggu ya

    BalasHapus

Followers