Senin, 02 Januari 2012

Satu Siswa Satu Pohon

Jika dalam posting sebelumnya saya sudah menceritakan sedikit tentang kegiatan pencanangan "Sasi Sawit" di sekolah tempat saya mengajar, berikut ini penjelasan yan lebih jelas dari kegiatan tersebut. Semoga bermanfaat..

PENCANANGAN GERAKAN “SATU SISWA SATU POHON”
SMP NEGERI 2 JAMBU KAB. SEMARANG
Kamis, 15 Desember 2011

Pemanasan global (global warming) sudah menjadi keprihatinan dunia. Banyak negara termasuk Indonesia berusaha berkontribusi secara optimal untuk mengatasi pemanasan global. Bahkan pemerintah mencanangkan Program Penanaman 1 Milyar Pohon. Begitu juga dengan Pemerintah Daerah Jawa Tengah yang juga mengakomodasi program tersebut dengan Program Gubernur Jawa Tengah “Sak Wong Sak Wit”. Jadi sudah seharusnya kita juga ikut merasa prihatin dan berusaha memberi sumbangsih dengan ikut serta melestarikan lingkungan.

Dalam rangka mendukung program pemerintah dan juga keinginan dan kepedulian akan kondisi dunia dewasa ini maka SMP Negeri 2 Jambu berusaha ikut serta memberikan sumbangsih dengan Gerakan “Satu Siswa Satu Pohon” karena wilayah SMP Negeri 2 Jambu yang terletak di Desa Genting Kecamatan Jambu dan berada pada ketinggian 800 dpl ini menempati lahan yang cukup luas yaitu sekitar 10.000 m2 atau 1 hektar. Dari lahan tersebut masih tersisa sekitar 7000 m2 yang belum ada bangunannya. Adapun jumlah siswa SMP Negeri 2 Jambu adalah 256 siswa yang terdiri dari 126 siswa perempuan dan 130 siswa laki-laki. Dengan masih tersedia lahan yang cukup luas maka SMP Negeri 2 Jambu berusaha melaksanakan Gerakan “Satu Siswa Satu Pohon” ini.

Penanaman dilaksanakan secara serentak yang diawali dengan penanaman oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang dan diikuti oleh Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kab. Semarang, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kab. Semarang, Dewan Pendidikan Kab. Semarang, Muspika Kec. Jambu (Camat, Danramil, Kapolsek), Pengawas SMP Negeri 2 Jambu, Ketua MKKS Kab. Semarang, Kepala UPTD Kec. Jambu, Kepala Dinas Perkebunan Kec. Jambu, Kepala SD/MI sekitar Ds. Genting, Komite Sekolah, Direktur PT. Obor Tani Semarang, Perwakilan Orang tua/wali siswa, Bapak/Ibu Guru dan siswa SMP Negeri 2 Jambu. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 tamu undangan, 20 guru, dan 256 siswa dan juga dimeriahkan oleh Tari Paduppa dari Sulawesi yang merupakan warisan dari ajang Bakti Pemuda Antar Propinsi (BPAP) yang beberapa waktu yang lalu berada di Desa Genting Kec. Jambu ini. Selain itu juga dimeriahkan dengan kesenian tradisional “Warokan” dari Dusun Kalidukuh Desa Genting dimana para penarinya adalah siswa-siswa dari SMP Negeri 2 Jambu sendiri.

Adapun bibit pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis seperti Pohon Jambu Biji (Psidium guajava) sebanyak 270 pohon, Durian (Durio zibethinus) sebanyak 25 pohon, dan Jambu Citra sebanyak 25 pohon. Jadi total bibit pohon yang ditanam adalah sejumlah 320 pohon. Bibit-bibit pohon tersebut merupakan sumbangan dari berbagai pihak seperti orang tua / wali siswa dan juga dari PT. Obor Tani Semarang.

Kegiatan ini diharapkan menjadi awal kesadaran diri generasi muda untuk lebih peduli kepada lingkungan sekitar dan keadaan dunia yang semakin memprihatinkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers