Selasa, 14 Februari 2012

XPEROJA dan Kebanggaan

Julukan kelompok kadang dapat meningkatkan fanatisme seseorang terhadap kelompok atau golongannya. Nama-nama kelompok akan merepresentasikan identitas kelompok tersebut. Dalam dunia pendidikan, julukan sekolah sudah banyak dimiliki beberapa sekolah, misalnya di daerah tempat saya mengajar. Sebut saja SMPN 5 Ambarawa dengan SNELA, atau SMPN 1 Sumowono dengan SATRIYATAMA.
Sekolah tempat saya mengajar, SMPN 2 Jambu memang belum memiliki julukan tersendiri sebagaimana beberapa sekolah yang saya sebutkan tadi. Namun, Senin 13 Februari 2012 yang lalu tercetuslah ide pembuatan julukan sebagai identitas GUDEP sekolah kami tercinta. Akhirnya, dengan mempertimbangkan usulan dari siswa, maka disepakati kata XPEROJA sebagai identitas kebanggaan kami terhadap sekolah kami, SMP Negeri 2 Jambu.


Nantinya, julukan tersebut (mungkin) tidak hanya dipakai dalam kegiatan PRAMUKA saja, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan siswa secara keseluruhan. Harapannya, dengan julukan ini akan meningkatkan fanatisme dan kebanggaan siswa terhadap almamaternya, SMP Negeri 2 Jambu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers