Selasa, 17 April 2012

Tugas Baru : Pengawas UN

Tahun ini, saya dipercaya menjadi PENGAWAS UN. Tidak maen-maen, dan juga tidak ringan, sebab sebagaimana yang saya baca dalam Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 disebutkan bahwa seorang pengawas adalah guru yang memiliki sikap dan perilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan. Tidak hanya itu, seorang pengawas juga diharuskan menandatangani surat pernyataan kesediaan menjadi pengawas yang tata tertibnya seabreg-abreg, mulai dari persiapan UN, hingga pelaksanaan UN. Belum lagi tanggung jawab yang dibebankan...huft, cukup berat.
Semoga saja saya dapat menjalankan amanat itu dengan baik.


Ujian Nasional ibarat sebuah "gawe" bagi dunia pendidikan formal di Indonesia. Bahkan juga bagi sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri, seperti S.I Wassenar di Belanda, S.I Moscow di Rusia, S.I Cairo di Mesir, S.I Riyadh dan S.I Jeddah di Arab Saudi, dan masih banyak lagi sekolah-sekolah Indonesia di negara lain.
Yach...sebuah hajatan besar yang juga cukup rumit. Terutama bagi adik-adik yang akan di uji..mungkin bagi mereka, UN adalah sebuah pertaruhan besar bagi masa depan mereka. Pantas saja banyak kita dengar adik-adik siswa kelas XII dan atau siswa kelas IX atau bahkan siswa kelas VI yang stres dan tertekan saat menjelang Ujian Nasional.
Meskipun indikasi kecurangan ataupun kesemrawutan masih terjadi, kita semua berharap bahwa UN akan menjadi sebuah tolak ukur dan evaluasi bagi proses pendidikan di tanah air, yang nantinya akan sangat berguna bagi perbaikan kualitas penggulawentahan generasi-generasi penerus bangsa.
SEMOGA SUKSES UN 2012...Ma'an Najah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers