Rabu, 13 Februari 2013

My 'Statement of Purpose'




Tak diragukan lagi bahwa pendidikan adalah sebuah kebutuhan pokok bagi seluruh umat manusia. Dalam setiap bentuk kehidupan seseorang, pasti memerlukan pendidikan, baik secara formal maupun non formal. Dengan adanya fakta yang demikian, kebutuhan akan pendidikan menjadi suatu yang naif.
Hal ini sudah disadari oleh Nabi sejak zaman kenabian dahulu. Kesadaran betapa pentingnya ilmu pengetahuan tergambar dari beberapa hadits Nabi, antara lain hadits nabi yang memrintahkan umatnya untuk mencari ilmu semenjak dari ayunan hingga ke liang lahat; ada pula hadits tentang perintah untuk mencari ilmu hingga ke negeri Cina; bahkan dalam satu hadits disebutkan bahwa mencari ilmu adalah sesuatu yang wajib bagi orang isalam, baik laki-laki maupun perempuan.
Perguruan tinggi sebagai sebuah institusi pendidikan merupakan lembaga yang diharapkan dapat menjadi wadah dari transformasi keilmuan umat. Umat islam sendiri dalam kondisi global sekarang ini tengah mengalami masa yanng sulit. Dimana umat islam terpojokkan oleh ulah sebagian oknum teroris yang mengatas namakan islam, sedangkan umat islam sendiri kesulitan untuk menjelaskan kepada dunia bagaimanakah wajah islam sebenarnya.
Setidaknya ada dua sudut pandang untuk menangkap kelemahan umat islam ini. Pertama, bahwa umat islam itu sendiri kurang menyeluruh dalam memahami dan mengerti ajaran agamanya. Kedua, bahwa umat islam kurang bisa menguasai sarana (wasilah) untuk menyampaikan ajaran islam yang sebenarnya. Dan salah satu akar permasalahan kedua sudut pandang tersebut adalah lemahnya kemampuan umat islam dalam berbahasa asing.
Bahasa arab (dan juga bahasa inggris) menjadi sangat penting mengingat keduanya adalah bahasa internasional yang dapat menjadi sarana penyampaian ajaran islam secara efektif. Untuk itu perlu adanya pembenahan dalam sistem pembelajaran bahasa kita (umat islam) sehingga generasi kita kelak tidak lagi gagap dalam menghadapi situasi darurat seperti yang terjadi sekarang ini.
Pendidikan sarjana yang telah saya peroleh, terasa masih perlu untuk diperdalam lagi mengingat tujuan pendidikan bahasa sebagaimana saya sampaikan di atas. Maka tidak berlebihan kiranya jika saya berharap melalui pendidikan melalui Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga nantinya dapat lebih mengasah kemampuan saya dalam bidang pendidikan bahasa arab, sehingga nantinya saya dapat membantu pengembangan pendidikan bahasa arab menuju ke arah yang lebih baik. Dengan begitu, umat islam tidak lagi mengalami kesulitan memahami sumber-sumber ajaran mereka dan juga menyampaikan ajaran tersebut kepada dunia luas. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers